Rabu, 06 Februari 2013

Latihan Uji Kompetensi Awal

Uji kompetensi awal (UKA) dimaksudkan untuk menjaring guru yang akan mengikuti ujian sertifikasi guru. Mereka yang lulus UKA, berhak untuk mengukuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Setelah mengikuti PLPG kemudian ada uji kompetensi akhir yang menentukan lulus tidaknya seorang guru dalam melaksanakan ujian sertifikasi guru.
Untuk itu diperlukan latihan mandiri uji kompetensi awal agar hasil yang dicapai sesuai harapan. Berdasar itu kami mencoba membuat sebuah program menggunakan powerpoint yang dapat digunakan untuk latihan uji kompetensi awal secara offline, tentu saja program ini belum benar-benar serupa dengan yang sebenarnya karena masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya beberapa fungsi tombol yang belum di fungsikan, pembatasan angka saat memasukkan NUPTK belum ada, fungsi keyboard juga belum difungsikan.
Kemudian untuk pengisian awal "Memasukkan nama" semestinya juga tidak ada akan tetapi maksud kami membuat itu untuk mengenalkan nama pembuat agar tidak bisa di edit ".
Berikut screenshot program latihan UKA :
































Semoga bermanfaat
Unduh program di sini atau di sini
Oleh : Eko Budiana

7 komentar:

Apik Pak... kreatif...wis dadi ahli saiki...

Bermanfaat...ikut share ya,,

Jazakumulloh..

Sekedar saran,, aplikasi dibuat semirip mungkin dengan versi aslinya,,, setelah saya coba yang perlu direvisi:
1. isian nama di awal dimulainya aplikaisi semestinya tidak ada
2. ISian Nomor Peserta dan NUPTk perlu dibatasi jumlah digitnya
3. berikan message box jika belum mengisi nuptk dan nomor peserta
4. fungsi keyboard untuk menjawab soal belum ada,, (padahal ini merupakan Trik cara cepat menjawab soal
Yang dikhawatirkan adalah, peserta UKA meyakini Interface dan aplikasinya seperti yang telah dibuat... karena sampai saat ini versi latihan dari aplikasi UKA belum keluar,,, tapi ini merupakan hal yang baik untuk pengenalan aplikasi Uji Kompetensi Awal yang pelaksanaannya juga belum pasti kapan,, mundur dan mundur lagi ...
Terimakasih ....

trims semua, semoga kami bisa membuat yang lebih baik lagi

Patut diacungi dua jempol...
dan ijin share pak


salam

Posting Komentar